SELAMAT DATANG DI SITUS RESMI PROGRAM PASCA SARJANA UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH PALEMBANG   PROGRAM PASCA SARJANA UIN RADEN FATAH PALEMBANG BERKOMITMEN MEMBANGUN PERADABAN ISLAM MELAYU NUSANTARA  
Beranda
Fasilitas / Sarana & Prasarana

FASILITAS / SARANA & PRASARANA

PROGRAM PASCA SARJANA UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN)

RADEN FATAH PALEMBANG

 

Fasilitas dan dukungan

 

  1. Fasilitas dan dukungan Prodi       :
  1. Pengajian Ukkaz
  2. CRD (Center Research Depelovment)
  1. Fasilitas dan dukungan Prodi       :
  1. Ruang ibadah
  2. Toilet
  3.  Auditorium
  4. Perpustakaan
  5. Ruang belajar
  1. Fasilitas dan dukungan Institut    :
  1. Hot spot WiFi
  2. Perpustakaan pusat
  3. Laboratorium Terpadu
  4. Academic Information System (AIS)
  5. Pusat Layanan Akademik Terpadu
  6. Puskesmas
  7. Pusat Bahasa
  8. Pusat Informasi dan Pangkalan Data

 

 

  Sarana

 

Untuk menunjang aktivitas akademik dosen dan mahasiswa, PPs UIN Raden Fatah telah memiliki gedung dengan luas bangunan 1887 m² yang terbagi tiga lantai yang terdiri dari hal berikut:

 

  1. Ruang kerja

Ruang kerja terdiri atas beberapa ruangan; ruang kerja Direktur, Wakil Direktur, Ketua Prodi PAI, Ketua Prodi MPI, Ketua Prodi IQT, Ketua Prodi SKI, Ketua Prodi HTN, dan Ketua  Prodi  ES,  Ketua Prodi PAI (S3), Ketua Prodi PI (S3), serta  ruangan  administrasi  Umum,  dan Ruang kerja Bagian Akademik dan Kemahasiswaan serta ruang administrasi keuangan. Seluruh ruang kerja dilengkapi dengan AC, fasilitas telepon/faximili, mesin foto copy mini dan komputer akses jaringan internet sehingga memberikan kemudahan dan efektivitas serta kenyamanan menjalankan layanan akademik.

 

  1. Ruang kuliah

Ruang   kuliah   terdiri   atas   19   (sembilan   sebelas) ruangan; di lantai I, lantai II dan lantai III gedung lama. Di lantai  I  ada  8  ruangan,  lantai  II  ada  4  ruangan,  lantai  III terdapat  6  ruangan  dengan  ukuran  masing-masing  ruangan rata-rata seluas 6x8 m². Ruang kuliah tersebut dilengkapi dengan  AC  dan  Infocus  serta didesain  secara khusus  untuk memungkinkan    terciptanya    suasana    yang    nyaman    dan terjadinya interaksi dinamis, baik antara dosen dan mahasiswa maupun antar sesama mahasiswa. Pada pengembangan ke depan tiap ruang kuliah akan dilengkapi dengan komputer multimedia dan beberapa Computer Assited Devices yang dapat digunakan oleh dosen dan mahasiswa dalam menyajikan materi perkuliahan.

  1. Ruang dosen

Dosen secara khusus disiapkan 1 (satu) ruang tersendiri berukuran 6x16 m² yang terletak di lantai II. Ruang dosen ini disiapkan guna mempermudah mahasiswa untuk melakukan konsultasi/bimbingan akademik. Selain itu PPs memiliki ruang kerja guru besar dan dosen dengan desain partisi perbilik untuk memudahkan proses konsultasi intensif para mahasiswa.

 

  1. Ruang seminar

Ruang  seminar  terletak  di  lantai  III  gedung  lama dengan  luas  6x  16  m²  denga  kapasitas  100  orang.  Ruang seminar juga dilengkapi dengan AC, sound system dan desain dengan nyaman dan representative untuk kegiatan-kegiatan akademik. Selain itu, di lantai IV gedung kantor baru PPs juga terdapat ruang promosi doktor yang refresentatif berukuran 6x25 M2 dan dapat juga digunakan untuk berbagai kegiatan akademik lainnya.   

 

  1. Ruang perpustakaan

Ruang perpustakaan yang dilengkapi dengan koleksi buku terpilih yang relevan dengan program studi yang tersedia. Perpustakaan  khusus  PPs ini  berfungsi  sebagai  kelengkapan dari perpustakaan utama yang terletak + 20 meter dari gedung PPs. Selain bergandengan dengan ruang kuliah, perpustakaan khusus tersebut dilengkapi dengan koleksi buku-buku terbaru, CD, koleksi khusus, dan jurnal terbitan dalam dan luar negeri, ruang  baca  yang  nyaman,  dan  komputer  yang  dilengkapi dengan sarana internet.

Perpustakaan PPs juga dilengkapi dengan koleksi khusus berupa naskah-naskah klasik berbahasa Arab Melayu yang dihimpun dari berbagai lembaga dan perorangan yang menjalin kerjasama dengan PPs untuk membantu kelengkapan koleksi naskah-naskah penting dan bernilai sejarah tinggi untuk dikaji dan dapat dijadikan bahan studi dan penelitian tesis dan disertasi.

 

  1. Ruang ibadah

Ruang musholla tersedia dengan baik dan memadai bagi mahasiswa dan dosen yang akan melaksanakan ibadah sholat di tengah-tengah aktivitas perkuliahan. Ruang musholla ini berukuran 6x8 m² yang berada di lantai II gedung  perkuliahan. Selain itu, gedung kantor dan ruang perkuliahan PPs yang berdekatan dengan mesjid UIN Raden Fatah juga secara efektif dapat digunakan untuk keperluan ibadah.

 

  Prasarana

 

Untuk  menunjang efektivitas layanan akademik di lingkungan  Program Pascasarjana UIN Raden Fatah, secara optimal diupayakan ketersediaan prasarana belajar dengan melengkapi ruang kelas dengan berbagai kelengkapan yang mendukung kenyamanan kelas. Beberapa kelengkapan alat-alat pembelajaran seperti ketersediaan komputer, laptop, LCD, infocus, sound system, screen projector, sampai pada memastikan ketersediaan jaringan hot spot internet, wifi, dll. Secara bertahap PPs UIN Raden Fatah mengupayakan sistem e-learning pada pembelajaran sehingga memungkinkan untuk menyelenggarakan perkuliahan dengan sistem komunikasi online jarak jauh.

Ketersediaan lapangan parkir yang memadai dan aman dengan sistem penjagaan security kampus yang profesional. Areal parkir dan beberapa titik tertentu telah dilengkapi dengan CCTV yang mampu memantau setiap pergerakan dan aktivitas orang di sekitar kampus PPs UIN Raden Fatah.

 

 

 

 

Dikirim oleh : Admin PPS UIN Raden Fatah | 21/11/2016 23:13:12 WIB