SELAMAT DATANG DI SITUS RESMI PROGRAM PASCA SARJANA UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH PALEMBANG   PROGRAM PASCA SARJANA UIN RADEN FATAH PALEMBANG BERKOMITMEN MEMBANGUN PERADABAN ISLAM MELAYU NUSANTARA  
Beranda
Program Studi Studi Islam Interdisipliner S2

PROGRAM STUDI 

STUDI ISLAM INTERDISIPLINER ( SII )

 


Program Magister Studi Islam Interdisipliner Program Pascasarjana UIN Raden Fatah Palembang memiliki lingkup dan konsentrasi atau peminatan sebagai berikut:


1. Konsentrasi Islam dan Ekonomi
2. Konsentrasi Islam dan Pedagogi
3. Konsentrasi Islam dan Gender
4. Konsentrasi Islam dan Kebijakan Publik
5. Konsentrasi Islam dan Teknologi
6. Konsentrasi Islam dan Komunikasi Massa
7. Konsentrasi Islam dan Kajian Keluarga (Family Studies)
8. Konsentrasi Peradaban Islam Melayu

 

 

VISI

Menjadi Program Studi Islam Interdisipliner yang unggul  dan terkemuka dalam pengembangan keilmuan Islam Interdisipliner berbasis nilai-nilai universal Islam, secara nasional dan internasional pada tahun 2025. 

 

MISI

a.   Menyelenggarakan program studi berkualitas pada jenjang magister dalam pengembangan Studi Islam Interdisipliner berbasis Islam universal.
b.   Mengembangkan tradisi penelitian melalui peningkatan kualitas hasil penelitian melalui publikasi nasional dan internasional. 
c. Mengaplikasikan kebermanfaatan pengembangan ilmu pengetahuan interdisipliner bagi kepentingan masyarakat secara luas sebagai cermin nilai-nilai Islam Rahmatan lil Alamin.
d.  Mengembangkan dan memperkuat jaringan kerjasama keilmuan dengan berbagai universitas yang memiliki reputasi di dalam dan di luar negeri dalam rangka pengembangan Studi Islam Interdisipliner berbasis nilai-nilai Islam universal.

 

PROFIL LULUSAN

Program Magister PPs UIN Raden Fatah memiliki profil lulusan yang memiliki  kemampuan di bidang manajer pendidikan, sebagai pendidik (Guru atau Dosen), seorang ahli pemikir Islam yang unggul, ahli dalam bidang penelitian sosial keagamaan dan ahli dalam bidang desain kurikulum/akademik pendidikan Islam, dan serta mengetahui peradaban Islam yang berwawasan luas, berpikir obyektif, kritis, inovatif, inklusif dan berakhlak mulia. Sehingga profil lulusan ini dapat bersaing secara lokal, nasional dan international dalam bidang Pendidikan Islam dan Peradaban Islam dengan perguruan tinggi lainnya.

 

TUJUAN PROGRAM STUDI

Tujuan Umum

Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang bertujuan untuk membimbing, membina serta menyiapkan para magister  yang memiliki kompetensi dan kemampuan dalam aspek akademik intelektual, sikap moral, dan keterampilan secara holistik. Selain itu mampu melakukan penelitian, pengembangan akademik, berintegritas, kecerdasan emosional dan spiritual yang tinggi sehingga mampu berpikir secara insklusif, menguasai metodologi Studi Islam secara matang,  bertindak dan menilai setiap perbuatan yang dilakukan dalam rangka menjadi sosok cendekiawan, intelektual, dan akademisi yang berwawasan Islam universal.

Tujuan Khusus

PPs UIN Raden Fatah  Palembang bertujuan untuk menyiapkan magister (S2) yang:

Terlaksananya program studi berkualitas pada jenjang magister dalam pengembangan Studi Islam Interdisipliner berbasis Islam universal.
Terealisasinya tradisi penelitian melalui peningkatan kualitas hasil penelitian melalui publikasi nasional dan internasional.
Teraplikasinya kebermanfaatan pengembangan ilmu pengetahuan interdisipliner bagi kepentingan masyarakat secara luas sebagai cermin nilai-nilai universalitas Islam.
Terlaksananya kerjasama keilmuan dengan berbagai universitas yang memiliki reputasi di dalam dan di luar negeri dalam rangka pengembangan Studi Islam Interdisipliner berbasis nilai-nilai Islam universal.

 

INDIKATOR KOMPETENSI LULUSAN


1. Mampu mengembangkan studi Islam secara Interdisipliner pada lembaga-lembaga negeri atau swasta:

a. Menguasai sumber pokok ajaran Islam secara konprehensif;
b. Memahahami strategi pembelajaran Islam di Perguruan Tinggi;
c. Memiliki kemampuan dalam penguasaan literatur Islam klasik dan kotenporer.


2. Mampu melakukan riset di bidang agama dan keagamaan yang mendapatkan pengakuan secara nasional dan internasional:

a. Menjadi filosofi pengembangan keilmuan dan keagamaan;
b. Memahami metodologi penelitian sosial dan agama;
c. Memiliki kemampuan dalam mendesain penelitian agama sosial kemasyarakat;
d. Memiliki kemampuan dalam publikasi karya ilmiah yang bereputasi nasional dan internasional;


3. Mampu melakukan inovasi dan pengembangan studi Islam di masyarakat:

a. Mampu mengembangkan materi keislaman yang kontekstual dan sistematis;
b. Terampil menyampaikan pesan-pesan Islam yang kreatif dan inovatif;
c. Mampu merekayasa nilai-nilai Islam dalam konteks kehidupan masyarakat yang multikultural.

4. Mampu menganalisis dan memecahkan permasalahan masyarakat dalam bidang agama dan keagamaan:

a. Memiliki kemampuan dalam bekerjasama dengan masya;
b. Mampu dalam melakukan analisis sosial;
c. Mampu dalam melakukan resolusi konflik;
d. Mampu dalam memotivasi dan mengembangkan masyarakat yang berlandaskan pada nilai-nilai islam dan nilai-nilai kebangsaan.

 

 

 




 

Dikirim oleh : Admin PPS UIN Raden Fatah | 29/08/2017 06:17:25 WIB