Yudisium XII Program Pascasarjana UINRF Palembang

Palembang – Wakil Rektor II UIN Raden Fatah Palembang pelaksanakan Yudisium XII Program Doktor (S3) Program Pascasarjana di gedung Aula PPs, Jumat (28/9).

Humas-UINRF,– Program Pascasarjana (PPs) Universitas Islam Negeri Raden Fatah (UINRF) Palembang hari ini Laksanakan Yudisium XII Program Doktor (S3) di gedung Aula PPs,Prosesi Yudisium dibuka oleh Direktur Pasca Sarjana, Prof. Dr. Duski, M.Ag. Dihadiri oleh Wakil Rektor II, Dr. Zainal Berlian, SH., MM., DBA. Wakil Direktur, Kaprodi Peradaban Islam, dan Kaprodi Pendidikan Agama Islam, serta Civitas Akademika PPs-UINRF Palembang, Jumat (28/9).

Dalam Sambutannya Wakil Rektor II, Dr. Zainal Berlian, menyampaikan permohonan maaf pak rektor yang tidak bisa hadir, atas nama pimpinan dan lembaga mengucapkan selamat dan sukses kepada 4 Doktor Baru yang berhasil di yudisium pada hari ini (jumat, 28/9/18).

Masih menurut Warek II  bahwa inilah perbedaan antara Yudisium S1 dengan S2/S3. Program Pascasarjana terutama Program Doktor pada setiap yudisium memang selalu sedikit apalagi Prodinya hanya ada 2 yaitu Prodi Peradaban Islam (PI) dan Pendidikan Agama Islam (PAI), hal ini menunjukan bahwa proses seleksi memang benar-benar terjadi, kepada 4 orang peserta yudisium, jangan berkecil hati kalo peserta Yudisiumnya sedikit.

“akan menjadi aneh jika peserta Yudisium pada Progran S3 peserta membludak dan jumlahnya banyak, itu sama saja tidak ada proses akademik  dan seleksi, jadi sekali lagi saya tekankan ini pertanda baik meski sedikit outputnya tetap berkualitas, terjadi proses akademik di PPS UINRF Palembang, ujar Dr. Zainal dengan suara mantap.

Dr. Agus Susanto selaku peserta yudisium XII diberikan kesempatan untuk menyampaikan kesan dan pesan dari mewakili Alumni PPs UINRF Palembang. Dalam kesan dan Pesan yang disampaikan dalam bentuk pantun dengan berisikan inti pesan yaitu;

“Kalo beasiswa dikejar deadline programnyo, nah kalau yang reguler paling dikejar samo bininyo,…. (karena bekurang jatah belanjonyo), diiringan tawa para hadirin yang hadir.

“Meramu bumbu di pagi yg cerah,  membersihkan ikan dengan menyikat,  Semoga ilmu yg diajarkan kepada kami menjadi amal jariyah, dan juga bermanfaat untuk dunia akhirat” ujar pria kelahiran medan Sumatera Utara ini.

“Memandang awan dikala sempat,  awan menghitam tanda akan ada Kilat,  Bagi kawan2 yang belum tamat,  selesaikanlah S3-nyo agar tagihan tak meningkat” ujar Doktor Pereadaban Islam UIN Raden Fatah Palembang yang baru dikukuhkan” ujar Agus sambil mengakhiri sambutanya. 

Direktur PPs UINRF Palembang dalam sambutannya menyampaikan bahwa apa yang disampaikan oleh Wakil Rektor II tadi adalah benar bahwa para Doktor yang baru dikukuhkan ini adalah orang-orang yang terpilih, sedikit  tetap berkualitas. Meskipun kalian sudah selesai dan dikukuhkan menjadi doktor diharapkan tetap menjalin silaturahim, sembari menutup kata sambutannya.

“Saya selalu berdoa dan berharap serta mendoakan kalian akan menjadi bagian dari orang orang terpilih,” ujar Prof. Duski.

 

 

 

 

 

 

 

 

Berikut ini dafatar nama peserta Yudisium XII PPs UINRF Palembang, pertama, Dr. Agus Susanto, NIM 1591022, Pola Komunikasi Masyarakat Melayu dan Tionghoa di Sumatra Utara (Studi Terhadap Konflik Masyarakat di Kota Tanjung Balai) dengan IPK 3,97 (Dengan Pujian). Dr. Salni Fajar, NIM 1391009,  Tradisi Pesantran di Dunia Melayu Antara Tradisionalis dan Modernis (Studi Keritis Kepemimpinan Kiai Pesantran Di Sumatra Selatan) dengan IPK 3,34 (memuaskan). Dr. Fathur Rahman,NIM 3110101017, Hermeneutika Tafsir Al’azhar Karya Hamka ( Analisis Hermeneutis Ayat-ayat Akidah dan Ibadah) dengan IPK 3,25 (Memuaskan). Dr.Suharman, NIM 1492035, Faktor Determinasi Akhlak Remaja (Studi Tentang Pengarauh Pola Asuh Orang Tua, Teman Sebaya, Media Masa, dan Religiusitas Terhadap Akhlak Siswa di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 5 Prabuhmulih, dengan IPK 3,67 (Sangat Memuaskan). (ARI)

Peserta yudisium PPs XII mengabadikan kenangan bersama Pimpinan dan staf pegawai PPs UIN Raden Fatah Palembang

 

Sumber : PPs dan HUMAS UINRF (Kemas Ari)

X