Sosialisasi Pascasarjana

Sosialisasi di Kabupaten OKI.

Sosialisasi dilaksanakan di Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) ash-Shiddiqiyah Lubuk Seberuk Kabupaten OKI. Tim yang diketuai oleh Prof. Dr. Duski Ibrahim, M.Ag. ini berangkat secara bersama-sama berkumpul di Kantor Pascasarjana UIN Raden Fatah Palembang. Pada pukul 12.30 wib. Tim Sosialisasi berangkat menuju lokasi menempuh rute melalui Jalan Jendral Sudiman, Jl. Demang Lebardaun, Parameswara, untuk kemudian menuju Jl. Musi II mengambil jalur lurus meneruskan perjalanan menuju TOL Palindra melintasi Indralaya, Tanjungraja, Kayuagung, dan ketika sampai di daerah Teluk Gelam, Tim Sosialisasi berhenti sejenak untuk beristirahat melaksanakan shalat Zuhur dan Ashar secara jama’-qashar, serta makan di rumah makan bernuansa masakan minang, di rumah Makan Pagi-Sore. Tim Sosialisasi kemudian melanjutkan perjalanan menuju daerah Lempuing OKI. Tim Sosialisasi tiba di daerah ini sekira pukul 16.30 wib. Karena sudah sore, maka Tim Sosialisasi langsung menuju penginapan untuk beristirahat di hotel Trisa yang berlokasi di Lubuk Seberuk.

 

Keesokan harinya, sebelum melaksanakan acara sosialisasi, Tim Sosialisasi diminta untuk mengisi acara kuliah umum di STIT  kepada para mahasiswa pada pukul 10.00 s.d. 12.30 wib. Pada acara ini Prof. Dr. Duski Ibrahim di daulat untuk mengisi acara kuliah umum. Acara ini dihadiri oleh pimpinan pondok pesantren, KH. Anwar Siddiq, ketua STIT, Dr. Agus Sholihin, pejabat STIT yang lain, Dr. Darul Abror, Pak Zainuddin, para Dosen, Para Mahasiswa/wi dari berbagai program studi. Sedangkan dari pascasarajana dihadiri lengkap oleh Tim Sosialisasi Pascasarjana UIN Raden Fatah.

Acara dibuka oleh Pemandu Acara dari STIT, pembacaan kitab suci Alquran, menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars STIT, penyerahan penghargaan kepada mahasiswa berprestasi yang IPKnya sangat baik, kemudian acara dilanjutkan dengan sambutan pimpinan pondok, KH Anuar Siddiq. Dalam sambutannya, Kiai Anwar menyampaikan perkembangan pondok yang didirikan sejak tahun 2005 sampai dengan sekarang, bahwa semua level pendidikan sudah ada di pondok ini antara lain seperti TK, SD/MI, SMP/MTS, SMA/MA, dan perguruan tinggi yaitu STIT yang sekarang sudah memiliki empat prodi. Pesantren ini juga menyediakan bantuan kepada para santri, karena umumnya santri yang adi pesantren ini adalah orang-orang yang tidak mampu, terdapat paling tidak sekira 80an santri yang ditanggung biayanya oleh pondok. Karenanya, sebagai pimpinan pondok, kita memiliki beberapa jenis usaha yaitu, sawah yang dikelola oleh pondok, beberapa hektar kebun karet, beberapa hektar kebun sawit, dan terdapat usaha peternakan burung walet yang sekarang sudah mulai menghasilkan profit. Semua jenis usaha yang sudah ada ini adalah digunakan sepenuhnya untuk kebutuhan pesantren. Oleh karena itu, kami sangat berharap, ujar ketua pondok, supaya kedatangan rombongan Pascasarjana UIN dapat memberikan kuliah umum kepada para mahasiswa dan dosen atau kepada sivitas akademika STIT ash-Shiddiqiyah guna menambah wawasan dan ilmu, serta informasi yang berkaitan dengan revolusi industri 4.0 sesuai dengan tema kuliah umum. Demikian sambutan mudir pondok.

Acara Selanjutnya adalah sambutan Ketua STIT ash-Shiddiqiyah, oleh Dr. Agus Sholihin. Dalam sambutannya, Katua STIT menyampaikan bahwa STIT yang ada ini dirintis dan didirikan secara resmi pada tahun 2012 yang lalu, sekarang sudah ada empat prodi dengan jumlah mahasiswa sekira 800 mahasiswa/wi. Beberapa mahasiswa dibiayai oleh pondok, beberapa dosen kita sedang studi melanjutkan peda program S3, dan beberapa ustazd dan ustazdah kita sedang melanjutkan ke S-2 di perguruan tinggi di Palembang dan di tempat lain. Kami berharap STIT ini akan berkembang, karenya mohon masukan dan bimbingan kepada Pascasarjana UIN Raden Fatah Palembang. Demikian sambutan Ketua STIT.

Acara selanjutnya adalah kuliah umum yang disampaikan oleh direktur Pascasarjana UIN Raden Fatah Palembang, Prof. Dr. Duski Ibrahim, M.Ag. dalam kuliah umumnya Prof. Duski menyampaikan bahwa STIT ini sangat beruntung, karena para mahasiswanya didominasi oleh alumni pondok, berarti inputnya adalah orang-orang yang selama ini sudah sangat baik ilmu keagamaannya. Wajar kemudian STIT ini akan memiliki SDM dengan keluaran terbaik, menjadi sarjana alumni STIT dengan kualitas yang mumpuni. Kondisi ini, jika alumninya meneruskan ke pascasarjana, maka kami di pascasarjana tinggal meneruskan apa yang sudah dilakukan oleh STIT, dalam Bahasa lain, kita perlu meningkatkan sinergitas dalam bentuk pendidikan berkelanjutan, ujar Prof. Duski. Prof. Duski sempat mengadakan dialog langsung kepada para peserta, mengecek satu-persatu hapalan para mahasiswa, menyebabkan suasana menjadi sangat cair dengan candaan khas Prof. Duski. Diakhir, Prof. Duski menyampaikan kesenangan hatinya dapat bersilaturrahmi menyampaikan hal-hal yang berkaitan dengan kondisi UIN Raden Fatah di STIT ash-Shiddiqiyah. Prof. Duski kemudian mengajak seluruh mahasiswa dan dosen untuk terus melajutkan studi mereka di Pascasarjana UIN Raden Fatah Palembang. Sampai ketemu di Palembang, pintanya. Acara kemudian di skor untuk melaksanakan shalat dan makan siang.

 

Pada pukul 13.30 wib acara kemudian dilanjutkan dengan acara inti yaitu sosialisasi Pascasarjana UIN Raden Fatah Palembang. Materi sosialisasi disampaikan oleh Dr. Muhammad Adil, M.A. penyampaian materi secara lengkap mulai dari visi dan misi pasca, kurikulum, kondisi tenaga pengajar, kondisi pembelajaran di pasca, prodi-prodi yang ada di pasca, program beasiswa, jurnal, sarana dan prasarana, dll lengkap disampaikan.

Kemudian terdapat sesi tanya jawab yang disampaikan oleh perwakilan mahasiswa dan dosen. Antusiasme peserta sangat terlihat dalam sesi dialog. Banyaknya peserta yang mengajukan pertanyaan dan tanggapan seputar pelaksanaan kuliah. Acara ditutup dengan doa yang dipimpi oleh KH Anwar Siddiq. Selanjutnya, Tim Sosialisasi menuju hotel untuk beristirahat dan menginap di Hotel Trisa yang berlokasi di Lubuk Seberuk.

 

X