Calon Magister dan Doktor UIN Rafah Wajib Publish Artikel di Jurnal Nasional

PALEMBANG, PE – Civitas Akademik Pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang mewajibkan mahasiswa untuk mem-publish artikel di jurnal nasional, salah satunya jurnal Indonesian Science Index (Sinta). Hal ini sebagai syarat bagi mahasiswa untuk mendaftarkan ujian akhir baik program Magister maupun Doktor.

Wakil Direktur Pascasarjana UIN Raden Fatah Palembang, DR Abdurrahmansyah MAg menjelaskan, civitas akademik UIN Raden Fatah sudah mengeluarkan surat edaran yang mewajibkan mahasiswa Magister maupun Doktor dalam mempublish artikel.

“Khusus mahasiswa angkatan 2018 ke atas sudah diwajibkan untuk mempublish artikel di jurnal minimal Sinta Tiga,” terang DR Abdurrahmansyah MAg disela pembukaan Workshop Penulisan Artikel Internasional dengan tema Enhancing the Quality of a Scientific Article to Be Published in a Reputable Journal di Aula Pascasarjana UIN Raden Fatah, Sabtu (7/3).

Dalam kesempatan tersebut menghadirkan narasumber Dekan Psikologi dan Kesehatan Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, Prof DR Syamsul Ma’arif, MAg.

Lebih jauh terang DR Abdurrahmansyah, pihaknya tidak melepas secara langsung mahasiswa yang ingin mempublish jurnal. Salah satu kebijakan yang diterapkan berupa menyediakan Klinik Tesis dan Disertasi. Tujuannya agar tulisan mahasiswa bisa sesuai dengan substansi penelitian yang sedang dikaji.

“Kita siapkan Tim Klinik Tesis dan Disertasi serta Tim Verifikasi untuk membantu mahasiswa dalam mempertajam agar substansi penelitian lebih tajam. Untuk itulah, kami berharap agar laporan penelitian mahasiswa menjadi lebih baik,” terangnya.

Sementara itu, Dekan Psikologi dan Kesehatan Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, Prof DR Syamsul Ma’arif, MAg mengatakan, mahasiswa sejak menempuh pendidikan sudah seharusnya membiasakan menulis. Pembiasaan ini akan memudahkan mahasiswa dalam membuat jurnal baik berskala nasional maupun internasional.

 

X