Review Kurikulum, Dr Adil Titip Visi Keilmuan

Moderator yang juga Ketua Prodi Peradaban Islam Dr Muhammad Noupal saat memberi pengantar kepada narasumber Dr. Muhammad Adil, MA dalam kegiatan Review Kurikulum yang diselenggarakan Pascasarjana UIN Raden Fatah Palembang.

Wakil Rektor 1 Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang, Dr. Muhammad Adil, MA menitip visi keilmuan dalam review kurikulum yang diselenggarakan Pascasarjana UIN Raden Fatah Palembang di Hotel 1O1 Palembang, Selasa (15/03/2022).

Hal ini saat menjadi narasumber dengan materi Revitalisasi Kurikulum Pascasarjana sebagai Upaya Peningkatan Daya Saing Menuju Unggul.

Dr Adil mengatakan, kriteria standar pendidikan saat ini mengalami perubahan yang cukup mendasar.  Selama ini, penyelenggara akreditasi dibebankan kepada program studi, namun saat ini sudah ada Unit Penyelenggara Program Studi (UPPS).

“Bedanya, asesor akan memvisitasi penyelenggaran prodi (UPPS) bukan lagi Program Studinya,” jelas dia.

Selain itu, selama ini program studi hanya merumuskan visi kelembagaan yang menjadi turunan dari visi perguruan tinggi. “Turunan visi ini menjadi visi kelembagaan, bukan visi keilmuan. Oleh sebab itulah, saya titip kepada Pascasarjana untuk membuat visi keilmuan,” katanya.

Lebih jauh kata Dr Adil, civitas Pascasarjana UIN Raden Fatah Palembang juga harus memanfaatkan teknologi dan informasi dalam proses pembelajaran. Hal ini mengingat, teknologi menjadi bagian penting di tengah masyarakat.

X