PENYUSUNAN REVISI PEDOMAN AKADEMIK PASCASARJANA UIN RADEN FATAH PALEMBANG

Program Pascasarjana UIN Raden Fatah Palembang berkomitmen untuk selalu meningkatkan kualitas layanan pendidikan. Komitmen ini ditunjukkan dengan pelaksanaan salah satu kegiatan pengembangan akademiknya yaitu: “Penyusunan Revisi Pedoman Akademik”. Kegiatan ini dilaksanakan di Hotel Beston Palembang, pada tanggal 15 s.d. 16 Oktober 2021.

Untuk menyukseskan kegiatan ini, maka seluruh civitas akademika Pascasarjana UIN Raden Fatah Palembang terlibat secara aktif, mulai dari Direktur, Wakil Direktur, Ketua dan Sekretaris Prodi di lingkungan Pascasarjana UIN Raden Fatah, seluruh staf, dosen home base, perwakilan mahasiswa S2 dan S3 (selaku pengguna layanan), kemudian dihadiri juga oleh perwakilan dari staf BAAK UIN Raden Fatah, perwakilan dari PUSTIPD UIN Raden Fatah, dan beberapa dosen utusan dari perguruan tinggi mitra, seperti dari UNSRI, UMP, PGRI, dan STIPADA.

Hadir pada kegiatan ini Wakil Rektor I (Dr. Muhammad Adil, MA) mewakili Rektor UIN Raden Fatah yang membuka acara secara resmi dan sekaligus menyampaikan materi pengarahan dan pembinaan. Dalam sambutannya Dr. Muhammad Adil, MA mengatakan bahwa: “Revisi pedoman akademik kali ini bisa dikatakan sebagai revisi penting sebagai upaya dalam mewujudkan visi besar UIN Raden Fatah berstandar internasional, berwawasan kebangsaan dan berkarakter Islam pada 2040, kata Dr. Adil. “Selanjutnya dalam melakukan revisi pedoman akademik ini harus menyesuaikan dengan pedoman akademik yang telah disusun oleh pihak universitas induknya (UIN Raden Fatah)”, tegasnya. Pihaknya juga mendorong dengan adanya perubahan pedoman akademik ini, mahasiswa dapat difasilitasi agar dapat mempercepat masa studinya. Dalam menyelesaikan masa studi mahasiswa, diharapkan para dosen khususnya dosen pembimbing untuk bisa mendampingi mereka (mahasiswa) dengan baik”, lanjutnya. Sementara itu Direktur Pascasarjana UIN Raden Fatah Palembang, Prof. Dr. H. Duski Ibrahim, M.Ag., mengatakan bahwa: “Pedoman akademik ini harus beradaptasi dengan perubahan paradigma akademik dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Untuk itulah, revisi pedoman akademik ini nantinya harus menyesuaikan dengan kebutuhan dalam mewujudkan UIN Raden Fatah berstandar internasional, berwawasan kebangsaan, dan berkarakter Islam pada tahun 2040”.

Akhirnya, kegiatan penyusunan revisi pedoman akademik selama 2 (dua) hari ini setelah melalui rapat komisi dan rapat pleno, berhasil merampungkan Buku Pedoman Akademik Pascasarjana UIN Raden Fatah dengan memuat 10 (sepuluh) bab, yaitu: Bab pertama, Pendahuluan, bab kedua, Penerimaan Mahasiswa Baru, bab ketiga, Manajemen Pengelolaan Administrasi Kemahasiswaan, bab keempat, Kurikulum, bab kelima, Proses Pembelajaran, bab keenam, Suasana dan Penjaminan Mutu Akademik, bab ketujuh, Penilaian Pembelajaran, bab kedelapan, Karya Akhir Studi, bab kesembilan Kelulusan dan Wisuda, dan bab kesepuluh Penutup.

 

X